IPK Fiqih Kelas VIII MTs

Posted on

Programpendidikan.com – Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

IPK dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi.

Langkah penting dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni mengembangkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) pada setiap mata pelajaran.

Terdapat dua rumusan indikator yang diantaranya :a) indikator pencapaian kompetensi yang terdapat dalam RPP dan b) indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang dikenal sebagai indikator soal.

Rumusan IPK mencakup 2 hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi.  IPK pada Kurikulum 2013 untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4.

IPK untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur. Selengkapnya, silahkan mendownload IPK Fiqih Kelas VIII MTs semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 melalui link dibawah ini:

IPK Fiqih Kelas VIII MTs
Format File : Word
Size File : 53 KB

Sekilah Penetapan indikator pencapaian kompetensi (IPK) Fiqih Kelas 8 MTs semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.