Skip to main content

4 Cara Melempar Bola Permainan Softball

4 Cara Melempar Bola Permainan Softball - Pada kesempatan ini saya akan berbagi teknik melempar bola permainan Softball baik dan benar agar lemparan menjadi jauh dan lebih akurat.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan teknik menangkap bola. Terdapat 3 teknik untuk melempar softball, sebagai berikut;

3 Cara Melempar Bola Permainan Softball

Lemparan Atas (Overhand Throw)


Cara pelaksanaan:

  1. Tahap awal, berdiri pada kedua kaki terpisah dengan posisi salah atu kaki didepan terarah pada sasaran dan pandangan fokus kearah sasaran.
  2. Kemudian bawa tangan yang memegang bola kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, disertai dengan setriding ( mengangkat kaki )
  3. Lalu ayunkan tangan kedepan disertai memutar gerakan pinggang dan memindahkan barat badan kedepan.
  4. Pada saat pelepasan bola disertai lencutan pergelangan tangan bertujuan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalannya bola pada sasaran
  5. Lemparan di akhiri dengan gerakkan lanjutan ( follow trough ) yaitu memindahkan kaki dari belakang kedepan sebagai keseimbangan dan posisi siap dengan gerakkan lengan seolah-olah mengikuti gerakkan jalannya bola.


Lemparan Samping (Side Hand Throw)


Cara pelaksanaan:

  1. Pada tahap awal, berdiri dengan sikap melangkahkan kaki kiri kedepan dan terarah pada sasaran.
  2. Kemudian bawalah tangan yang memegang bola kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, dan pandangan fokus kearah sasaran
  3. Ayunankan tangan kedepan melalui samping badan, bersama dengan itu putar pinggang dan pindahkan berat badan kedepan.
  4. Pada saat pelepasan bola disertai dengan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalannya bola pada sasaran
  5. Setelah bola terlepas yang diikuti dengan gerakkan lanjutan yaitu dengan melangkahkan kaki belakang kedepan dan pandangan mengikuti arah gerakkan bola.


Lemparan Bawah (Underhand Throw) 


Cara pelaksanaan:

  1. Posisi awal, berdiri dengan sikap melangkah kaki kiri kedepan dengan terarah pada sasaran
  2. Berat badan pada kaki belakang, pandangan fokus kearah sasaran.
  3. Lalu ayunkan lengan yang memegang bola kedepan dengan melalui samping badan, bersama dengan itu kedua lutut di rentangkan  dan disertai gerakkan memindahkan berat badan kedepan.
  4. Kemudian lepaskan bola dengan datar dan menggelinding ditanah
  5. Pada saat pelepasan bola disertai lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalannya bola pada sasara.
  6. Setelah bola terlepas yang diikuti dengan gerak lanjutan dengan melangkahkan kaki bagian belakang kedepan dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.

4. Lemparan Dengan Lecutan Tangan


Cara Pelaksanaan:
  1. Posisi awal, berdiri dengan sikap melangkah kaki kiri kedepan dengan terarah pada sasaran.
  2. Angkat bola setinggi kepala disebelah samping kepala. 
  3. Lalu ayunkan lengan yang memegang bola kedepan.
  4. Pada saat pelepasan bola disertai lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalannya bola pada sasara.
  5. Setelah bola terlepas yang diikuti dengan gerak lanjutan dengan melangkahkan kaki bagian belakang kedepan dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Demikian saya sampaikan 3 Cara atau Teknik Melempar Bola Permainan Softball, sekian dari saya dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar